Apa itu Protokol Routing?


mungkin saya seperti tau apa itu protokol routing,, dan  saya gogling dan dapat penjelasanya tentang protokol neh para pecinta routingers….

nah loh dimana-mana ditanyain protkol-protokol molo….tp ga tau kan protokol itu apa,,,neh penjelasanya

Apa itu protokol ?

Protokol itu adalah aturan atau standar yang digunakan untuk mengatur adanya hubungan antara dua atau lebih perangkat untuk melakukan komunikasi maupun melakukan pertukaran data. Lha, protokol itu sering digunakan dalam jaringan internet untuk membentuk komunikasi antara satu komputer dengan komputer lain baik dalam satu jaringan maupun di jaringan lain untuk saling bertukar informasi atau data.

Terus, apa itu routing ?

Routing adalah pencarian rute/jalur pada sebuah jaringan yang digunakan untuk jalan pengiriman paket data antara router satu dengan router yang lain pada jaringan yang dituju, dengan saling bertukar informasi. Rute/jalur yang dicari yaitu rute/jalur yang terpendek dan terbaik.

Jadi, kalau digabungkan, pengertiannya begini, Protokol Routing adalah komunikasi atau pertukaran data antara satu perangkat dengan perangkat yang lain melalui beberapa router dengan mencari dan membentuk rute/jalur yang terpendek dan terbaik terlebih dahulu antar router. Pembentukan rute/jalur tersebut didahului dengan pembentukan komunikasi(handshake) dan pertukaran informasi antar perangkat atau router.

Ini dia contoh gambarnya routing…

Routing

Sekian penjelasan dari saya, kalau ada kekurangan, mohon  maaf  dan  please  infonya gan…! matur nuwun…

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan komentar